telematika dari dulu, kini hingga kedepan, menurut pandangan saya

Telematika adalah istilah untuk mendefinisikan Telekomunikasi melalui media informatika.

Dahulu telematika hanyalah terdefinisikan menjadi sebuah alat telekomunikasi. Pada saat itu alat telekomunikasi yang pertama kali telepon, kemudian pada tahun 1980-an telepon berkembang menjadi telepon genggam. Pada saat itulah telematika mulai berkembang hingga saat ini.

Berdasarkan definisi di atas telematika sebenarnya mencakup dua teknik yaitu: telekomunikasi dan informatika. Karena kekhususan penelitian dalam bidang penelitian seperti: Digital signal processing, Network programming, Managemen Telekomunikasi: security, Sentral telepon, router, switch, VoIP, operating system dan data base, Fiber optics, Pengembangan software, dll.

Saat ini telematika telah digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat untuk berbagai hal dalam kehidupan. Dengan semakin maraknya handphone berbagai merk, tipe dan aplikasi penujang yang “wah”. GPS (Global Positioning System) contohnya ; alat ini menyediakan informasi mengenai jalan yang akan kita lalui dari untuk mencapai tujuan yang kita inginkan. Alat ini terintegerasi dengan statelit yang dapat memantau keadaan lalu lintas sehingga gps dapat memberikan jalan tercepat untuk mencapai tujuan.

Telematika masa depan menawarkan berbagai kemungkinan baru dalam cara kerja manusia misalnya pengaruh berkembangnya telemetri, teleprinter, teleprocessing, teletext, telemedicine, telecommerce, laboratory automation, flexible manufacturing, distance learning, dan lain-lain. Memungkinkan pembangunan masyarakat tanpa uang kertas (cashless society), kantor tanpa kertas, sehingga menghemat sumber alam. Selain itu orang dapat bekerja di rumah atau tempat yang terdistribusi tidak perlu dipusatkan di suatu tempat yang diharapkan mencegah orang berbondong-bondong ke pusat kota, sehingga dapat menghemat bahan bakar untuk transport. (diambil dari http://sansteknologi.blogspot.com/2010/05/peran-sains-dan-teknologi-khususnya.html )

Telematika merupakan sarana yang penting dalam menyatukan pemikir-pemikir umat manusia yang mengutamakan kepentingan bersama dalam pengembangan yang berkelanjutan

2 Komentar »

  1. Arrummaisha A Said:

    Klo ngutip 1 paragraf dari http://sansteknologi.blogspot.com/2010/05/peran-sains-dan-teknologi-khususnya.html
    knapa ga dikasih keterangan?

    • ardisetiawan Said:

      maaf bu, itu saya lupa mencantumkan sumber yang saya kutip.
      mohon maaf atas kekhilafan yang saya buat.
      sudah saya perbaiki kekurangan yang telah saya buat.
      sekali lagi, mohon maaf.


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: