Turbocharger

Turbocharger atau lebih biasa disebut dengan turbo, adalah perangkat yang berbentuk seperti rumah keong yang berfungsi untuk meningkatkan efisiensi volumetrik pada mesin.

Efisiensi volumetrik adalah berapa jumlah udara yang masuk ke ruang bakar. Udara saat perjalanan ke ruang bakar mengalami gesekan dengan perangkat mulai dari filter, intake manifold, hingga intake valve. Artinya, bila kapasitas silinder 1000cc, maka yang masuk ke mesin mungkin hanya sekitar 800cc – 900cc.

Disinilah diperlukan turbocharger. Turbo berfungsi membantu memompa udara kedalam ruang bakar sehingga efisiensi volumetrik mesin meningkat. Dengan mengingkatnya efisiensi volumetrik maka tenaga akan meningkat. Dengan turbo, mesin 1000cc bisa serasa mesin 1500cc.

CARA KERJA

Turbocharger memanfaatkan hembusan udara dari knalpot. Hembusan udara dari knalpot dilewatkan turbo. Inilah letak efisiensi Turbo, ia memanfaatkan energi kinetik yang terkandung dalam gas buang yang biasanya terbuang begitu saja.

Didalam turbo ada 2 blade kipas yang berada dalam satu poros berlawanan.

Udara hasil pembakaran memutar kipas yang di sisi kipas lainnya terjadi proses pemampatan udara siap bakar yang dialirkan ke ruang bakar.

Karena memanfaatkan gas buang, maka ada jeda tenaga yang dihasilkan atau biasa disebut TURBO LAG. Jadi, tenaga di RPM bawah tidak begitu terasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: