PENCEGAHAN KANKER DENGAN POLA HIDUP SEHAT

Hingga kini, salah satu penyakit yang banyak ditakuti orang adalah kanker. Penyebabnya adalah pertumbuhan sel yang tidak normal atau abnormal dalam tubuh, tumbuh dengan sangat cepat dan tidak terkontrol, sehingga akan mempengaruhi fungsi organ tubuh. Saat ini sudah ada berbagai jenis kanker yang menyerang berbagai organ tubuh. Masing-masing jenis kanker menimbulkan gejala yang berbeda, tergantung pada lokasi kankernya. Dalam kurun waktu sekarang, kanker paru masih menjadi kanker utama penyebab kematian di dunia. Untuk Negara maju, kasus kanker lain yang banyak terjadi adalah kanker prostat, kakker payudara, dan kanker usus. Sedangkan di Negara berkembang adalah lever, kanker perut, dan kanker serviks.

Hal yang menjadi pemicu kanker adalah fakor keturunan. Selain itu, factor gaya hidup yang tidak sehat, kontaminasi atau radiasi lingkungan dan infeksi seperti virus hepatitis B dan Human Papilomma Virus kerap juga menjadi pemicu terjadinya kanker. Untuk gaya hidup tidak sehat, seperti konsumsi makanan berlemak tinggi, perokok aktif, konsimsi alcohol berlebihan, menjalankan diet yang tidak seimbang, obessitas, serta kurang beraktifitas fisik menjadi resiko terjadinya kanker. Factor stress pun turut menjadi pemicu kanker. Sters berkepanjangan dapat melelahkan sel-sel muda sehingga daya tahan tubuh menurun. Pada umumnya, kanker yang ditemukan di stadium awal masih bisa ditolong. Oleh karena itu, diperlukan adanya deteksi dini berupa medical chek-up yang rutin dilakukan.

Belum ada kata terlambat untuk tindakan pencegahan. Kurangi makanan berkadar lemak tinggi, diantaranya adalah yang berkadar serat tinggi berupa sayuran, bauh-buahan, sereal gandum, dan kacang-kacangan. Paling penting asupan makanan dengan kadar gizi seimbang. Melakukan olahraga secara rutin dan diimbangi dengan istirahat yang cukup. Pola hidup sehat dan menghidari stress diharapkan dapat mencegah dan menanggulangi penyebaran kanker.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: