bunyi mencurigakan saat berkendara

Melaju  dengan mobil sambil mendengarkan musik tertentu memang sangat menyenagkan. Apalagi jika ditemani keluarga atau pasangan. Tetapi, suasana tersebut bisa berubah menjadi tidak nyaman ketika tiba-tiba terdengar bunyi berisik dari bagian dalam mobil. Berikut adalah beberapa contoh suara aneh yang mungkin pernah anda alami.

  1. 1. Suara mendecit

Kenikmatan saat berkendara tentu menjadi terganggu saat timbul suara mendecit dari rem. Hal tersebut bisa dikarenakan kanvas remnya yang sudah aus. Namun rem mobil yang bekerja sempurna dan kanvas rem baru bukan jaminan tak keluar suara mendecit.

Solusinya coba anda perhatikan bagian permukaan geseknyayang mungkin kotor. Setelah itu, coba bersihkan atau gantikanvas rem yang didesain untuk mengurangi terjadinya bunyi.

  1. 2. Suara mendesis

Anda pernah mendengar bunyi keluarnya suara mendesis dalam mobil ? boleh jadi itu adalah bunyi salah satu selang vacuum yang terlepas atau bocor. Biasanya hal ini diikutu dengan tersendatnya putaran mesin. Mendeteksi sumber suara ini memang sulit dan dubutuhkan ketelitian yang tepat.

Jika memang benar gara-gara selang vacuum yang terlepas, anda dapat memasukkan kembali selang tersebut atau menggantinya dengan yang baru jika bocor.

  1. 3. Suara ketukan berat

“Tok..tok..tok..”  jika mesin mengeluarkan suara ketukan seperti orang yang sedang memukulkan besi, bisa jadi mesin mobil anda mengalami kerusakan yang cukup parah. Ada kemungkinan metal atau setang pistonnya mengalami kerusakan. Jika hal ini terjadi, sebaiknya anda tidak memaksakan untuk menjalankan mobil, karena dapat memperparah kerusakannya.

  1. 4. Suara ketukan saat pindah gigi

Ketika memindahkan posisi gigi persneling, menginjak, atau mengangkat pedal gas tiba-tiba, mungkin anda pernah mendengar suara ketukan yang timbul dari bawah mobil. Biasanya hal ini terjadi karena kerusakan pada sistem penerus tenaga, kendurnya cross-joint, atau rusaknya gigi gardan.

Keempat contoh diatas mungkin pernah anda alami ketika sedang melaju dengan mobil. Namun apapun suara itu pasti ada sumbernya. Sekarang tinggal seberapa sigap anda dalam mengatasi hal tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: