perilaku manusia

Perilaku seseorang akan selalu barada dalam dua posisi ini : adil atau zalim. Tidak ada satu orang pun yangberlaku adil sepenuhnya. Tapi ini bukan suatu pembenaran bahwa kezaliman merupakan suatu hal yang wajar. Lantas, seberapa eratkah hubungan antara keadilan atau kezaliman dengan kekuasaan ? jawabannya sangat erat. Keadilan merupakan kunci keberlangsungan suatu kekuasaan, dan sebaliknya, kezaliman merupakan racun utama yang menghancurkan kekuasaan itu.

Sebuah pendapat mengatakan, “ Kekuasaan bisa bertahan dalam kekafiran, tapi tidak akan bertahan dalam kezaliman”. Contoh pendapat tersebut bisa dilihat dari sejarah mengenai jaya dan runtuhnya suatu kekuasaan.

Saat-saat menjelang jatuhnya kekuasaan Abbasiyah di Baghdad, ada beberapa fakta sejarah yang perlu diperjatikan. Pada saat itu terdapat kesenjangan yang besar antara orang-orang di lingkaran kekuasaan danrakyat jelata. Kelompok pertama, hidup sangat mewah, sedangkan kelompok kedua hidup dalam kondisi yang memperihatinkan.

Disebutkan saat itu, ada ulama yang paling hebat hanya berpendapatan 12 dinar per bulan, sedangkan pendapatan rakyat jelata jauh lebih rendah. Akan tetapi ada salah seorang staf kerajaan yang berpendapatan 300 ribu dinar dan rumahnya termasuk yang termewah di Baghdad.

Khalifah al-Mustansir, dalam pesta pernikahannya, memberikan hadiah 100 ribu dinar. Pendapatannya per tahun mencapai lebih dari 500 ribu dinar. Sebuah jumlah yang sangat fantastis jika dibandingkan pendapatan sehari-hari rakyat jelata.

Bisa dikatakan saat itu, harta negara sebagian besar hanya berputar di kalangan kaum elite, entah itu untuk keperluan berbagai macam pesta, hadiah, ataupun fasilitas pribadi. Tak diragukan lagi, hal ini merupakan suatu bentuk kezaliman.

Berdasarkan contoh diatas, kehancuran khalifah Abbasiyah merupakan suatu keharusan. Setiap perilaku yang bertentangandengan asas keadilan pasti akan tersingkir. Perlu disadari, sudah banyak pemimpin yang jatuh atau dijatuhkan akibat dari ketidakadilan mereka dalam menjalankan amanat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: