peran orang tua

Saat ini masih banyak orang tua Muslim yang tidak menerapkan pendidikan agama pada anak-anaknya sejak dini. Padahal, mereka ingin agar kelak anak-anaknya menjadi anak yang saleh.

Seharusnya, penanaman pendidikan agama pada anak-anak sangat penting dilakukan. Bahkan, Islam mengajarkan orang tua segera memberikan pendidikan agama setelah anaknya lahir. Hal ini dilakukan misalnya dengan memperdengarkan adzan dan ikamah di telinga bayi. Dalam konsep Islam, bayi itu sudah bisa menerima ajaran, tapi masuk kedalam otak bawah sadar agar bisa mempengaruhi perilaku anak tersebut setelah dewasa kelak serta didukung dengan contoh moral yang baik dari orang tua.

Hal tersebut sangat penting dilakukan sebab anak memiliki daya memori yang cukup kuat. Jika orang tua sering bertengkar saat anaknya masih usia dini, akan memberikan pengaruh yang buruk bagi perkembangan sang anak yang bersangkutan. Dengan demikian, orang tua memainkan peran penting dalam memberikan pendidikan agama kepada anak-anaknya.

Agar hal tersebut bisa terlaksana dengan baik, orang tua dituntut memiliki pemahaman agama yang memadai. Selain itu, orang tua juga perlu memiliki komitmen memberikan model penerapan akhlak yang baik dalam kegiatan sehari-hari bagi anak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: