mahasiswa = orang berpendidikan?

mahasiswa = orang yang berpendidikan? belum tentu. belakangan ini sering terjadi aksi demo yang berakhir ricuh, malah sebagian besar aksi demo yang dilakukan mahasiswa tidaklah berjalan damai. sering kali fasilitas umum menjadi korban, mereka tidak peduli kalau aksi yanag mereka lakukan itu sangatlah menganggu publik. dan pada akhirnya akan merugikan para mahasiswa itu sendiri.

saya jadi bertanya-tanya, apa yang mereka dapat selama mereka kuliah di universitas yang mereka masuki. apakah para pengajar(dosen) yang kurang kompeten dalam memberikan pelajaran moral dalam lingkungan? atau mahasiswanyalah yang tidur ketika dosen menerangkan? saya tidak bisa menilai. yang tahu adalah pribadi masing-masing.

saya hanyalah orang yang awam terhadap kehidupan para aktivis-aktivis dari berbagai universitas itu, yang saya lihat adalah mereka bukannya memajukan masyarakat tetapi malah menyusahkan masyarakat. saat itu mungkin mereka berfikir bahwa apa yang telah mereka lakukan itu benar. mungkin mereka akan sadar ketika mereka juga merasa dirugikan oleh mahasiswa penerus ketika mereka telah meninggalkan bangku kuliah.

ketika itu semua terjadi, masyarakatlah yang paling dirugikan. mereka yang awam terhadap apa yang mereka permasalahkan menjadi korban karena ulah mahasiswa. namun saya tidak ingin menyudutkan mahasiswa, mari kita sebut saja dengan ‘oknum’.  karena tidak semua mahasiswa berbuat demikian.

pernah terlintas dalam benak saya ketika dalam sebuah acara berita sore suatu televisi swasta, apa yang permasalahkan itu tidaklah sesuai dengan apa yang menjadi spesialisasi mereka dalam menuntut ilmi. contoh, mahasiswa sastra berujuk rasa tentang permasalahan kenaikan BBM. yang menurut saya sangatlah jauh korelasi antara sasrta dengan dampak kenaikan BBM.

tapi semua itu kembali pada diri masing-masing. saya tidak ingin memojokkan seseorang.

mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan. terima kasih telah membaca blog saya.

Tinggalkan Balasan

