mau dikemanakan bahasa Indonesiaku????

Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional Indonesia. Bahasa pemersatu bangsa. tetapi mengapa belakangan ini (beberapa tahun belakangan) bahasa ini terlihat mulai dicampur-adukan dengan bahasa lain yang tidak sesuai dengan kaidah yang menurut saya tidak tepat. contohnya, banyak acara televisi yang menayangkan adegan-adegan yang dialognya kebanyakan mencampur bahasa ingris-indonesia tanpa ada text bantu. seharusnya, biarpun dicampur, harus tetap ada text bantu agar para penonton dapat mempelajari dan mengikuti jalan cerita. hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kesalahan pemakaian bahasa inggris yang tidak sesuai dengan maksud yang ingin disampaikan.

presiden pun demikian. sering terdengar dalam pidato kenegaraan beliau bnayak menggunakan istilah asing. yang menjadi pertanyaan bagi saya, apakah tidak ada istilah dalam bahasa indonesia yang dapat digunakkan sehingga beliau lebih memilih menggunakan bahasa asing? apakah dari sekian banyak istilah dalam kamus besar bahasa Indonesia tidak bisa ditemukan satu istilah yang diperlukan? ( saya sendiri belum khatam KBBI).

jika Presiden Republik ini saja lebih memilih istilah asing, wajar saja jika rakyatnya lebih memilih barang luar negeri. mungkin karena faktor gengsi. tetapi apakah harus seperti itu? hal yang kecil bisa mengakibatkan sesuatu yang besar.

saya tidak ingin mengurui siapapun. moho maaf bila banyak kata-kata saya menyingung anda para pembaca. saya hanya mengungkapkan apa yang sya rasakan. terimakash telah membaca.

Tinggalkan Balasan

